Mengenal Lebih Dekat HR Scorecard

GML , March 03 2021

Mengenal Lebih Dekat HR Scorecard

Mengenal Lebih Dekat HR Scorecard

 

Apakah divisi Human Resource (HR) Anda tidak paham apa tuntutan & strategi perusahaan, dan hanya fokus pada target divisinya saja? Banyak komentar terlontar dari karyawan mengenai divisi HR yang seringkali kurang paham perannya dalam organisasi. Sebenarnya apakah peran strategis dari HR itu sendiri?

 

 

Divisi HR sering dianggap hanya sebagai supporting unit yang tidak mendukung kinerja organisasi, dan bahkan menjadi Cost Centre. Padahal SDM yang dikelola oleh Divisi HR merupakan aset terpenting dan sangat powerful dalam organisasi. Inilah yang sering dilupakan perusahaan.

 

Berangkat dari konsep HR Champion dari Dave Ulrich, 4 (empat) peran strategis yang harus menjadi fokus dari HR yaitu menjadi Administrative Expert, Employee Champion, Strategic Partner and Change Agent. 

 

Administrative Expert dan Employee Champion merupakan peran HR lebih bersifat operasional. Peran Strategic Partner mendorong HR untuk dapat menyelaraskan strategi organisasi dengan proses bisnis dan policy HR. Sedangkan peran Change Agent menuntut HR untuk dapat menjadi katalisator kunci pembentukan budaya organisasi yang kondusif. 

 

Keempat peran ini adalah awal perjalanan yang harus dilakukan oleh HR yang ingin menjadi strategic business partner. Dengan menjadi strategic business partner dalam organisasi, HR akan menjadi katalisator dalam proses enggagement (high satisfaction and high commitment) karyawan sehingga karyawan yang engage akan memberikan hasil dan kinerja yang luar biasa bagi organisasi dan akhirnya mendukung pencapaian target. 

 

Dengan tujuan menunjang keberhasilan HR menjadi a good business partner, maka dari itu prioritas pertama dari Divisi HR adalah membangun suatu perangkat untuk mengukur keberhasilan peran strategis HR. 

 

Mengingat bahwa, yang hendak diukur adalah peran kontributif unsur-unsur HR terhadap pencapaian visi dan misi serta strategi organisasi, maka lahirlah konsep Human Resource Scorecard, yaitu “suatu perangkat untuk memetakan dan mengelola kontribusi strategis dari peran HR dalam menciptakan nilai untuk mencapai strategi”. 

 

Pengukuran dari HR sendiri yang selama ini dianggap intangible untuk diukur perannya terhadap misi, visi dan strategi perusahaan. “What gets measured, gets managed, gets done”, itulah dasar pemikiran konsep HR Scorecard.

 

Pengukuran ini merupakan pengembangan dari konsep Balanced Scorecard, dimana pengukuran Human Resource Scorecard lebih menfokuskan pada kegiatan SDM atau menilai kontribusi strategis yang terdiri dari 3 (tiga) dimensi rantai nilai yang diwakili oleh Fungsi SDM, Sistem SDM, dan perilaku karyawan yang strategis. 

 

Karena itu, tujuan utama dari strategi HR bukan mengarah kepada sisi finansial, namun lebih mengarah kepada sisi Customer dikarenakan tujuan mulia dari pembentukan HR Strategy & Scorecard adalah keberhasilan dan kesuksesan dari stakeholder HR yaitu karyawan, Kepala Divisi maupun Top Management

 

Eksistensi konsep Human Resource Scorecard menjadi sangat penting dan vital karena mengarahkan SDM profesional secara aktif mengelola tanggung jawab terhadap implementasi strategi perusahaan. 

 

Pengukuran nilai tersebut menggunakan kartu skor (Scorecard), yang berisi Sasaran Strategis, Key Performance Indicator (KPI) serta inisiatif strategis untuk mencapai target dari KPI tersebut. 

 

Dengan demikian, faktor sukses terakhir setelah dibangunnya HR Strategy & Scorecard adalah melakukan monitoring terhadap inisitiaf strategis yang telah dibangun. Bisa dikatakan keberhasilan strategy Human Resouce akan sangat bermakna bagi organisasi, bila setiap inisiatif strategis yang dibangun benar-benar dimonitor pelaksanaannya. Divisi HR harus bisa menjadi good business partner bagi top management dan divisi yang lain.

 

Merilla Pramita

Jika ada informasi yang ingin ditanyakan, silakan Chat WA Customer Service & Social Media kami:

  • - WhatsApp : 0813-8952-8410
  • - Instagram : @onegml
  • - LinkedIn : @onegml
  • - Facebook : @onegmlofficial
  • - TikTok : @onegmlofficial
  • - YouTube : @onegmlofficial

More Article

Digitalisasi Layanan BPJS Kesehatan Raih 2 Penghargaan SPEx2 DX Award

GML , March 03 2021

Artikel ini dikutip dari website detikNews...

Digitalisasi Layanan BPJS Kesehatan Raih 2 Penghargaan SPEx2 DX Award
OKR Strategi Gesit Sekaligus Ampuh

GML , March 03 2021

Setiap perusahaan pastinya  membutuhkan pengukuran yang tepat dalam mengetahui efektivitas kinerja semua aspek yang terlibat di dalamnya, serta mengukur sejauh...

OKR Strategi Gesit Sekaligus Ampuh
SPEx2 DX Award ke-8 Kembali Digelar, Usung Tema Executing Digital Transformation

GML , March 03 2021

Artikel ini dikutip dari website Suarasiber.com ...

SPEx2 DX Award ke-8 Kembali Digelar, Usung Tema Executing Digital Transformation
Apa Identitas Perusahaanmu ?

GML , March 03 2021

Budaya adalah identitas utama dari sebuah perusahaan. Budaya memunculkan keunikan tersendiri yang membuat sebuah perusahaan berbeda dengan para pesaingnya. Keunikan...

Apa Identitas Perusahaanmu ?