SPEx2 DX Award ke-8 Kembali Digelar, Usung Tema Executing Digital Transformation

One GML , August 22 2023

SPEx2 DX Award ke-8 Kembali Digelar, Usung Tema Executing Digital Transformation

Artikel ini dikutip dari website Suarasiber.com 

 

Suarasiber.com – Strategy-into-Performance Execution Excellence (SPEx2®) DX Award yang merupakan award perusahaan terbaik di Indonesia kembali diadalkan untuk ke-8 kalinya.

 

SPEx2® DX Award merupakan ajang tahunan yang memiliki misi untuk mengidentifikasi dan menghargai perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mampu menunjukkan keunggulan dalam memformulasi dan mengeksekusi strategi.

 

Kali ini, award mengusung tema Executing Digital Transformation.

 

Berdasarkan keterangan pers yang dirimkan narahuhung, Dave Ngarbingan dari PT GML Performance Consulting, award ini telah dimulai sejak tahun 2011. Perusahaan yang menerima penghargaan ialah yang terbukti mampu menunjukkan kinerja baik dalam menghadapi krisis dan tantangan bisnis selama krisis pandemi covid-19 terjadi.

 

Apa yang dilakukan PT GML Performance Consulting, sebut Dave, satu arah dengan apa yang disampaikan Presiden Jokowi soal Indonesia Emas untuk menjadikan Indonesia masuk sebagai negara 5 besar ekonomi dunia di tahun 2045.

 

Pencapaian visi ini akan membutuhkan kualitas sumber daya manusia unggul berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Perusahaan di semua sektor industri memiliki peran untuk membangun diferensiasi strategi dan agilitas organisasi untuk merealisasikan visi Indonesia Emas.

 

Penghargaan ini diharapkan dapat memicu perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan kemampuan eksekusi mereka sehingga mampu menciptakan daya saing industri Indonesia yang bertaraf dunia.

 

Selama ini, keunggulan dalam memformulasi strategi mendapat perhatian utama dalam dunia manajemen strategi. Pandangan yang berkembang adalah strategi yang cemerlang akan membawa keunggulan dalam persaingan.

 

Dalam kenyataannya, berbagai riset telah menunjukkan bahwa strategi yang unggul menjadi kurang bermanfaat ketika eksekusinya tidak dikelola dengan baik. Bahkan, banyak perusahaan terlalu lelah memformulasi strategi yang unggul namun kurang meluangkan waktu mengkomunikasikan dan mengelola eksekusi strategi tersebut sehingga keunggulan riil yang diharapkan tidak terealisasi.

 

Dikatakan Dave, pemilihan tema Executing Digital Transformation sebagai perhatian atas pentingnya eksekusi dalam konteks transformasi digital.

 

SPEx2® DX Award ke-8 tahun 2023 ini akan dilakukan oleh dua institusi yang kredibel dalam menilai dan mempublikasikan penghargaan bergengsi ini, yaitu GML Performance Consulting dan Kontan Media sebagai mitra.

 

Penerima penghargaan akan mendapatkan pengakuan dan penghargaan atas kemampuan mengeksekusi strategi transformasi digital yang memberikan nilai tambah bagi bisnis dan stakeholdernya serta menghasilkan kinerja yang berdampak positif bagi pelanggan, karyawan dan pemegang saham dan untuk mendapatkan pembelajaran dari asesmen serta penilaian dewan juri untuk memperkuat kemampuan bertransformasi digital di masa depan.

 

Sebagian besar perusahaan-perusahaan yang memenangkan penghargaan SPEx2® DX Award 2023 merupakan perusahaan nasional yang berhasil menunjukkan kemampuan formulasi dan eksekusi strategi yang best-practice.

 

Sesuai dengan misi SPEx2® DX Award, keberhasilan perusahaan-perusahaan pemenang diharapkan menginspirasi perusahaan lainnya bahwa kemampuan formulasi dan eksekusi dapat dipupuk untuk menjadi keunggulan kompetitif.

 

Kemampuan formulasi dan eksekusi ini telah terbukti dapat membangun loyalitas pelanggan, engagement karyawan, dan pada akhirnya keuntungan yang berkesinambungan bagi pemegang saham.

 

 

Fase Seleksi 8th Annual SPEx2 ® DX Award 2023

 

Fase Seleksi 8th Annual SPEx2 ® DX Award 2023 adalah sebagai berikut:

 

Fase 1 : Market Data Review and Jury Analysis to Shorlist Nominees, Reviu atas big data untuk menentukan institusi/perusahaan terbaik Indonesia yang layak diundang berpartisipasi.

 

Fase 2 : Nominee Assessments and Documents Validation, Institusi/perusahaan terpilih wajib mengikutsertakan manajemen dan karyawan dalam survei transformasi digital dan juga institusi wajib mengisi formulir aplikasi untuk memberi bukti atas kemampuan eksekusi dan transformasi digital yang telah dilakukan dan berdampak kepada stakeholders.

 

Fase 3 : Nominee Presentation, Jury Assessment, & Final Review, seluruh presentasi secara online kepada Juri dilakukan oleh institusi/perusahaan & Hasil asesmen akan ditabulasi dan formulir akan direviu oleh tim Juri yang mewakili Praktisi Bisnis, Organisasi Pemerintah, Akademisi, Jurnalis, Konsultan.

 

Fase 4 adalah Winner Announcement, Hasil Penilaian akan diumumkan dan malam penganugerahan pada 6 Juli 2023.

 

 

Penerima SPEx2® DX Award 2023

Berikut ini adalah daftar lengkap perusahaan penerima penghargaan Strategy-into-Performance Execution Excellence (SPEx2®) DX Award 2023:

 

  • PT ASABRI The Best Company in Executing Business Turnaround
  • PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk The Best SPEx2® Company in General Insurance Industry
  • PT Bank Central Asia Tbk The Best Company in Executing Corporate Culture & People Transformation
  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk The Best SPEx2® Company Across All Industries, The Best SPEx2® Company for BUMN, The Best SPEx2® Company in Banking Industry, The Best CSEO Across All Industries – Mr. Sunarso (Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk)
  • PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Excellence in Executing People Transformation in Banking Industry
  • PT Bank CIMB Niaga Tbk Excellence in Executing Digital Transformation in Banking Industry
  • PT Bank Muamalat Indonesia Tbk The Best Company in Executing Business Turnaround
  • PT Bank Riau Kepri Syariah The Best BPD in Executing Syariah Transformation
  • PT Blue Bird Tbk The Best Business Transformation in Facing Digital Disruption, The Best Turnaround CSEO – Mr. Sigit Priawan Djokosoetono (President Director PT Blue Bird Tbk)
  • PT Bank Pembangunan Daerah Bali The Best BPD in Executing UMKM Strategy
  • BPJS Kesehatan The Best Company in Executing Digital Transformation in Public Service Agencies, The Best Chief Digital Officer in Public Service Agency Digital Transformation – Mr. Edwin Aristiawan (Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan)
  • PT Bridgestone Tire Indonesia Excellence in Executing People Transformation in Manufacturing Industry; The Best CSEO in Manufacturing Industry – Mr. Mukiat Sutikno (Managing Director PT Bridgestone Tire Indonesia)
  • PT Elnusa Tbk The Best SPEx2® Company in Oil & Gas Services Industry
  • PT Gunung Raja Paksi Tbk The Best SPEx2® Company in Manufacturing Industry; The Best Company in Executing Digital Transformation in Manufacturing Industry; The Best Chief Digital Officer in Manufacturing Digital Transformation – Mr. Felix Sugianto (IT Director PT Gunung Raja Paksi Tbk)
  • PT Indo Kordsa Tbk Excellence in Process Management in Manufacturing Industry
  • Lazada Indonesia Excellence in Executing People Transformation in E-Commerce Industry
  • Lembaga Penjamin Simpanan The Best SPEx2® Award for Government Agencies
  • PT Mandiri Tunas Finance The Best Company in Performance Growth in Financing Industry
  • PT Mandiri Utama Finance The Best SPEx2® Company in Leasing Industry
  • PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk The Best Company in Executing Innovation Culture Strategy
  • PT MRT Jakarta The Best SPEx2® Company for BUMD
  • PT Pegadaian The Best Company in Executing Digital Transformation in Services Industry
  • PT VADS Indonesia The Best SPEx2® Company in Outsourcing Industry
  • PT XL Axiata Tbk

 

 

Tentang PT GML Performance Consulting

PT GML Performance Consulting (GML) merupakan perusahaan konsultasi manajemen yang telah membantu berbagai organisasi di Asia dalam meningkatkan kinerja dengan mengembangkan visi, misi, nilai budaya, dan strategi, serta menerjemahkan strategi tersebut ke dalam eksekusi yang unggul.

 

Dengan pengalaman implementasi lebih dari 350 proyek, GML telah melayani berbagai organisasi swasta, badan usaha milik negara (BUMN), multinasional dan lembaga pemerintahan serta nirlaba.

Klien GML terdiri dari organisasi yang memiliki karyawan puluhan orang sampai puluhan ribu orang, dengan pendapatan belasan miliar rupiah sampai ratusan triliun rupiah (Direktorat Jenderal Pajak).

 

Implementasi GML telah memberikan beragam perbaikan kinerja keuangan, pelayanan, maupun kepuasan karyawan yang nyata dan terukur disertai penghargaan internasional bagi kliennya. GML mengembangkan konsep dan metodologi serta melakukan berbagai riset yang dituangkan dalam berbagai penulisan buku, artikel, dan kasus studi sebagai komitmen untuk memberi solusi yang unggul kepada kliennya.

 

Diseminasi pengetahuan melalui berbagai penulisan juga bertujuan untuk menginspirasi perbaikan kualitas tata kelola organisasi di Indonesia secara keseluruhan. Semua divisi di One GML bekerjasama dalam berbagai proyek untuk memberikan solusi yang terintegrasi dalam menerjemahkan strategi menjadi kinerja yang unggul dan berkesinambungan bagi kepuasan pelanggan, karyawan, dan pemegang saham dari klien GML. 

 

Syaiful

Editor: Ady Indra P

 

 

Sumber Artikel: 

https://suarasiber.com/2023/07/spex2-dx-award-ke-8-kembali-digelar-usung-tema-executing-digital-transformation/5/

Jika ada informasi yang ingin ditanyakan, silakan Chat WA Customer Service & Social Media kami:

  • - WhatsApp : 0813-8952-8410
  • - Instagram : @onegml
  • - LinkedIn : @onegml
  • - Facebook : @onegmlofficial
  • - TikTok : @onegmlofficial
  • - YouTube : @onegmlofficial

More Article

Ciptakan Kebiasaan Baru di Tahun Baru

One GML , August 22 2023

Di tahun baru seperti ini, banyak orang membuat resolusi untuk tahun berikutnya dengan bermacam-macam keinginan dan target. Tetapi berdasarkan pengalaman di tahun-t...

Ciptakan Kebiasaan Baru di Tahun Baru
Ini Caranya Menciptakan Sistem Penilaian Kompetensi

One GML , August 22 2023

Ini Caranya Menciptakan Sistem Penilaian Kompetensi...

Ini Caranya Menciptakan Sistem Penilaian Kompetensi
Konsep Adaptive Learning Design

One GML , August 22 2023

Saat ini dunia bisnis telah berada dalam era persaingan yang kompetitif. Setiap perusahaan saling berlomba untuk menjadi pemenang yang sukses. Dan untuk mencapai ke...

Konsep Adaptive Learning Design