Rahasia Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

One GML , August 16 2022

Rahasia Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

Bicara di depan umum atau public speaking adalah kegiatan komunikasi secara langsung melalui lisan kepada sekelompok orang atau khalayak umum. Dibutuhkan teknik khusus untuk dapat menjadi public speaker yang percaya diri.

 

 

3 Rahasia Percaya Diri Berbicara di Depan Umum

Ada banyak tips sukses berbicara di depan umum dan cara agar percaya diri saat berbicara di depan umum yang dijelaskan para pakar komunikasi. Namun, tahukah Anda 3 rahasia yang dapat meningkatkan percaya diri ketika bicara di depan umum? 

 

 

Berikut ini rahasianya:

 

Voice an Instrument

Suara Anda merupakan instrumen yang menjadi modal awal untuk menjadi seorang public speaker. Menjaga dan melatih suara merupakan salah satu cara agar percaya diri saat berbicara di depan umum.

 

Tidak ada suara yang jelek sampai tidak cocok untuk berbicara di depan khalayak umum. Setiap karakter suara memiliki keunikan tersendiri. Anda tidak perlu minder dengan karakter suara yang Anda miliki saat ini.

 

Melatih suara bukan berarti mengubah karakter suara, namun untuk mempertegas artikulasi serta memberikan power pada suara yang dikeluarkan. Latihan suara juga dapat membiasakan Anda berbicara dengan berbagai irama yang tepat dan lebih menarik.

 

Salah satu tips sukses berbicara di depan umum adalah dengan latihan singing dan humming. Singing atau bernyanyi dapat melatih Anda berbicara dengan nada. Tidak harus bernyanyi bagus sesuai standar penyanyi profesional, namun Anda dapat melatih suara dengan bernyanyi sambil melakukan aktivitas lain seorang diri.

 

Selain bernyanyi, humming atau bergumam juga disarankan untuk melatih suara Anda. Humming bermanfaat untuk membentuk suara Anda menjadi lebih bulat dan dalam. Seperti bernyanyi, Anda dapat bergumam sambil melakukan aktivitas sehari-hari seperti saat mandi atau menyetir kendaraan.

Beberapa rekomendasi lain agar Anda bisa percaya diri saat berbicara di depan umum bisa Anda pelajari dari beberapa rekomendasi video microlearning yang sudah disiapkan aplikasi belajar online QuBisa, com, di antaranya:

 

 

Diaphragm Breathing

Bicara di depan umum sering kali memakan waktu beberapa menit bahkan jam. Untuk yang tidak terlatih, lama-lama suara akan serak, hilang, dan napas terengah-engah. Anda juga rentan mengalami kelelahan karena berbicara terlalu lama. Tentu hal ini akan menurunkan tingkat percaya diri Anda.

 

Jangan khawatir, ada rahasia untuk mengatasi masalah tersebut. Anda dapat terhindar dari masalah kehilangan suara dan kehabisan napas dengan melakukan diaphragm breathing atau pernapasan diafragma.

 

Dengan melakukan diaphragm breathing, suara Anda akan keluar dari rongga diafragma sehingga terdengar lebih utuh dan dalam. Mengeluarkan suara dari rongga diafragma juga menjaga pernapasan Anda lebih stabil sehingga terhindar dari kelelahan dan ngos-ngosan.

 

 

Know When To Stop Talking

Bicara di depan umum berarti semua yang Anda lakukan saat tampil tidak luput dari perhatian publik. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengatur semua yang Anda katakan serta tindakan apa yang Anda lakukan.

 

Energi manusia terbatas untuk dapat berbicara terus dalam jangka waktu lama. Jangan karena keasyikan bercerita, kemudian Anda berbicara terus-menerus tanpa jeda. Anda perlu mengatur waktu untuk sejenak berhenti berbicara dan bernafas dengan teratur. 

 

Saat ada kesempatan, Anda dapat mengalihkan perhatian publik dengan mengajukan pertanyaan serta meminta audiens menjawab pertanyaan Anda. Gunakan kesempatan tersebut untuk berhenti berbicara dan mengatur kembali ritme pernapasan Anda. Lakukan hal tersebut tanpa mengganggu runtutan topik yang sedang dibicarakan.

 

Tips sukses berbicara di depan umum yang dijelaskan diatas dapat Anda latih agar dapat menjadi public speaker yang percaya diri. Setelah menguasai rahasia sukses bicara di depan umum, Anda tidak perlu cemas lagi saat ditunjuk sebagai public speaker suatu acara.

 

Magdalena Amelia Anur Septawati Waruwu

QuBisa

More Article

Melakukan Downsizing - Pasti Baguskah?

One GML , August 16 2022

...

Melakukan Downsizing - Pasti Baguskah?
Resep Rahasia Eksekusi Strategi

One GML , August 16 2022

Sadarkah Anda, perusahaan seringkali melakukan meeting tahunan, bulanan, bahkan mingguan secara rutin. Tak jarang juga meeting lebih dari sekali dalam seminggu. Bia...

Resep Rahasia Eksekusi Strategi
Berikut Indikator Kinerja Karyawan yang Perlu Anda Ketahui

One GML , August 16 2022

Kata kinerja atau job performance mempunyai arti prestasi sesungguhnya atau prestasi kerja yang bisa dicapai organisasi atau perusahaan. Sedangkan arti dari kata in...

Berikut Indikator Kinerja Karyawan yang Perlu Anda Ketahui