Pengertian Talent Management, Temukan Jawabannya Sekarang

GML , January 03 2022

Pengertian Talent Management, Temukan Jawabannya Sekarang

Talent management adalah salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah usaha. Perlu diketahui bahwa kesuksesan perusahaan dipengaruhi oleh Sumber Daya Manusia. Dengan konsep yang tertata dan tersusun secara rapi maka memudahkan semua orang untuk mendapatkan penilaian terbaik mengenai perusahaan.

 

Ketika Anda bekerja di perusahaan pasti akan sering mendengar istilah talent management. Nah, hal tersebut biasanya memiliki karyawan dengan pengelolaan yang terstruktur. Mungkin masih banyak orang yang belum memahami hal tersebut, maka bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

 

 

Definisi Talent Management 

Pada dasarnya talent management termasuk sebuah sistem untuk mendapatkan penilaian terbaik mengenai kinerja para karyawan. Terlebih jika perusahaan tersebut sudah terkenal dan memiliki banyak karyawan. Dalam hal ini talent dan business memiliki hubungan yang sangat erat.

 

Menggunakan sistem tersebut maka mempermudah perusahaan dalam mengenali seluruh karyawan yang bekerja. Tak heran apabila pemilik usaha mampu menempatkan karyawan sesuai dengan kemampuan bidang masing-masing. Sehingga pekerjaan yang dilakukan jauh lebih baik dari yang lainnya.

 

Tak hanya itu, talent management juga sebagai patokan dalam mengelola bakat serta pengembangan diri seorang karyawan. Dalam dunia bisnis mungkin tidak bisa ditinggalkan karena termasuk pemenuhan business strategy.

 

Pentingnya talent management adalah sebagai pembantu perusahaan untuk mendukung karyawan agar lebih maksimal dalam bekerja. Bahkan memberi kesempatan untuk mengembangkan diri dan mengasah kemampuan diri. Tentunya memberikan dampak positif untuk perkembangan perusahaan menjadi lebih baik lagi.

 

Talent management termasuk kunci untuk menjaga perusahaan agar bergerak sesuai dengan tujuannya. Membentuk serta mempertahankan karyawan dengan kualitas yang tinggi. Bahkan mampu memberi motivasi kerja untuk mereka yang berperan penting dalam perusahaan.

 

 

Komponen Talent Management

Adapun definisi dari tiga komponen dari talent management sebagai berikut.

 

 

The Full Scope of HR Processes

Dalam hal ini talent management berkaitan dengan serangkaian proses HR. Terintegrasi satu sama lain secara merata. Memerlukan strategi talent management terbaik agar mendapatkan manfaat secara penuh.

 

 

Attract, Develop, Motivate, and Retain

Talent management adalah sesuatu yang menyentuh semua area SDM utama. Dalam hal ini termasuk perekrutan hingga orientasi karyawan. Serta memberikan penilaian terhadap hasil kinerja karyawan.

 

 

High-Performing Employees

Talent Management memiliki tujuan khusus untuk meningkatkan performa kerja karyawan. Sehingga dapat memotivasi, melibatkan, dan mempertahankan karyawan agar bekerja semakin baik. Ini adalah alasan talent management memiliki peran yang sangat signifikan.

 

 

Pentingnya Talent Management

Mungkin kebanyakan orang masih banyak yang penasaran dengan pentingnya talent management. Padahal sudah jelas bahwa talent management berperan penting dalam peningkatan mutu serta kualitas perusahaan. Mampu membantu perusahaan memaksimalkan value yang dimiliki karyawan.

 

Penggunaan talent management adalah sesuatu yang sangat efektif. Terbukti dengan kemampuannya dalam menarik serta mempertahankan karyawan serta meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

 

 

Proses Pembuatan Talent Management

Keberadaan proses pembuatan talent management untuk menumbuhkan dan mengoptimalkan keterampilan, keahlian, serta sifat seseorang yang melamar sebagai karyawan. Berikut adalah beberapa poin tersebut.

 

 

Perencanaan

Poin pertama adalah perencanaan dimana mulai dari mengidentifikasi sumber daya manusia yang sesuai dengan kriteria atau kebutuhan. Tentunya akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya dengan mudah. Bahkan bisa mengembangkan rencana untuk proses rekrutmen.

 

 

Menarik Perhatian Talent

Setelah terbentuk rencana yang pas, maka sebuah perusahaan harus memikirkan cara untuk menarik perhatian talent. Penting bagi Anda mencari seseorang yang sesuai dengan sumber eksternal. Dengan begitu akan tercipta sistem branding berkualitas yang dibangun oleh perusahaan.

 

 

Menanamkan Mindset Terbaik

Kemudian untuk menumbuhkan karyawan yang berdedikasi perlu adanya penanaman mindset. Hal ini bisa dilangsungkan dengan melakukan sosialisasi ke semua jabatan perusahaan mulai dari terendah hingga tertinggi. Tak heran apabila semua karyawan berbekal mindset yang berbeda-beda.

 

Keberadaan mindset sangatlah berpengaruh terhadap kinerja mereka. Semua akan dikaitkan dengan visi serta misi perusahaan. Menanamkan talent management adalah salah satu cara terbaik dalam mengubah kepribadian menjadi unggul dan terarah.

 

 

Perekrutan

Cara terakhir adalah melakukan penyusunan atau perekrutan. Perusahaan disarankan untuk merekrut calon karyawan yang berbakat dalam suatu bidang tertentu. Mengingat bahwa persaingan perusahaan kini semakin ketat dan mengerikan.

 

Jangan hanya memprioritaskan eksistensi perusahaan tetapi kualitas dan talent harus dipikirkan dengan baik. Hal ini demi keberhasilan mendapatkan talent yang berkualitas sehingga mampu meningkatkan perkembangan usaha.

 

 

Manfaat Talent Management

Adapun manfaat talent management adalah sebagai berikut.

 

 

Menempatkan Orang yang Tepat pada Suatu Pekerjaan

Perlu diketahui bahwa talent management membantu Anda dalam menempatkan karyawan sesuai dengan bidangnya. Bahkan orang tersebut sangat tepat untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Terlebih sesuai dengan kemampuan dan bakatnya yang membuat pekerjaan semakin mudah selesai.

 

Hal tersebut memungkinkan adanya manajemen yang melakukan pencatatan inventaris keterampilan dan juga kemauan dalam perusahaan. Nantinya perusahaan bisa menempatkan karyawan sesuai dengan posisi yang tepat. Perusahaan akan lebih fokus memetakan program dan strategi retensi karyawan yang bisa direkrut, serta mengembangkan dan mempertahankan mereka yang benar-benar berkualitas.

 

 

Perekrutan Karyawan Menjadi Lebih Baik

Manfaat talent management adalah mampu membuat proses perekrutan karyawan menjadi lebih baik. Kualitas mereka tergantung dari perusahaan yang merekrut calon karyawan. Maka dari itu, penting untuk memulai proses rekrutmen dengan cara ini.

 

Dengan menerapkan manajemen berbakat perusahaan mudah dalam menjalankan sistem rekrutmen dengan baik. Pasalnya penilaian rekrutmen berdasarkan beberapa aspek integral untuk mendapatkan SDM pilihan.

 

 

Perusahaan Semakin Baik dan Lebih Maju

Talent management mampu membuat perusahaan melakukan kegiatan penilaian yang baik. Terutama bagi mereka yang merupakan karyawan unggulan. Dengan adanya penilaian maka perusahaan mampu memahami karakter serta kebutuhan pengembangan diri karyawan.

 

Tentuna mampu memberikan aspirasi karier, kelebihan dan kekurangan untuk seluruh karyawan. Perusahaan akan mengetahui dengan pasti kepuasan performa karyawannya. Menggunakan cara ini membuat perusahaan mudah untuk mencari referensi motivasi yang sesuai dengan karakter seluruh tenaga kerja.

 

 

Mempertahankan Karyawan yang Berbakat

Keberadaan talent management sangat bermanfaat untuk perusahaan. Manfaat terakhir dari talent management adalah mampu mempertahankan karyawan yang memiliki bakat besar. Karyawan tersebut merupakan aset paling berharga untuk perusahaan yang mampu menunjang kesuksesan.

 

Apalagi saat ini sedang berada di arus ekonomi yang sedang lesu, maka persaingan dagang antar perusahaan semakin besar. Maka dibutuhkan tenaga kerja ahli yang bisa menangani berbagai kasus perekonomian.

 

 

Hal ini membuat perusahaan bekerja keras menjaga karyawan yang memiliki bakat terbaik. Tentunya tidak ada proses pengunduran diri hingga meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja.

 

Semua perusahaan pasti menerapkan strategi ini guna memenuhi kebutuhan persaingan dengan kompetitor. Tak heran apabila perusahaan mampu bekerja sesuai dengan visi serta misi untuk meraih kesuksesan. Inilah yang menjadi acuan penting bagi perusahaan dalam membangun talent management.

 

Dengan begitu akan mudah bagi mereka mendapatkan karyawan yang bijak dan bertalenta. Talent management adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan kualitas karyawannya. Info lebih jelasnya, bisa pantau terus 

gmlperformance

 

GML Performance Consulting

More Article

KPI: Tips Mengukur dan Mengevaluasinya

GML , January 03 2022

Semakin banyak jumlah individu dalam organisasi, akan semakin sulit pula memonitor kinerja masing-masing individunya. Padahal semua pekerjaan yang dilakukan masing-...

KPI: Tips Mengukur dan Mengevaluasinya
Penerapan Hybrid Working ala BCA

GML , January 03 2022

Era kerja hybrid sudah banyak diterapkan. Pandemi Covid-19 telah mendorong pelaku usaha untuk menata ulang sistem kerja mereka. Digitalisasi dalam berbagai pro...

Penerapan Hybrid Working ala BCA
Resep Rahasia Eksekusi Strategi

GML , January 03 2022

Sadarkah Anda, perusahaan seringkali melakukan meeting tahunan, bulanan, bahkan mingguan secara rutin. Tak jarang juga meeting lebih dari sekali dalam seminggu. Bia...

Resep Rahasia Eksekusi Strategi
Unggul dengan Manajemen Talenta

GML , January 03 2022

Pertanyaan yang sering dilontarkan Top Management perusahaan kepada unit yang menangani SDM adalah, “Seberapa jauh fungsi SDM mampu memberikan kontribusi untuk kebe...

Unggul dengan Manajemen Talenta