Memahami Human Resource Management Beserta Manfaatnya

GML , February 03 2022

Memahami Human Resource Management Beserta Manfaatnya

Apa yang dimaksud Human Resource Management? Bahasan tentang manajemen pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan tentu berkaitan dengan Human Resource Management. 

 

Sumber daya manusia adalah substansi dasarnya yang menunjang kesuksesan dari semua bisnis. Kemampuan kerja yang dimiliki oleh seorang karyawan merupakan sebuah aset penting bagi perusahaan.

 

Seorang Human Resource memiliki tanggung jawab terhadap kesuksesan dari sebuah perusahaan. Tanggung jawab penting tersebut adalah mengelola karyawan agar menjadi aset yang memberikan kontribusi berharga bagi perusahaan. Tanggung jawab tersebut mengharuskan seorang Human Resource memiliki keahlian dalam mengarahkan perusahaan sesuai jalur Strategy Initiative.

 

 

Memahami Apa Itu Human Resource Management?

Tugas seorang HR tentu saja untuk menjalankan Human Resource Management yakni sebuah sistem untuk mengelola sumber daya manusia dalam perusahaan. Bagaimana Human Resource Management diterapkan sehingga bisa memberi manfaat untuk perusahaan? Simak penjelasannya mengenai Human Resource Management berikut ini.

 

 

Human Resource Management

Sebagai seorang pemilik usaha maupun praktisi Human Resource, tentunya kita memiliki harapan pada sumber daya yang bisa bekerja secara optimal. Alasan inilah yang menjadikan keberadaan Human Resource Management sebagai sesuatu yang penting. Sederhananya Human Resource Management diartikan sebagai suatu upaya memanfaatkan keahlian dari karyawan sesuai dengan kemampuan yang dikuasai, serta menempatkan mereka pada posisi yang paling sesuai.

 

Sistem ini dibuat agar cita-cita perusahaan dapat tercapai dengan cara memaksimalkan kinerja setiap individu secara efektif. Dengan begini karyawan akan berperan maksimal melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah disepakati, dan berada pada posisi yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

 

Human Resource Management adalah pemeliharaan, pengintegrasian, pemberi kompensasi, sekaligus pemutusan hubungan kerja, dengan maksud agar tujuan organisasi atau perusahaan bisa tercapai.

 

Selain itu manajemen Sumber Daya Manusia merupakan kegiatan perencanaan, pengarahan, pengawasan, serta pengembangan. Catatan yang diberikan oleh manajemen SDM adalah bahwa karyawan adalah kontributor yang akan membantu meningkatkan nilai bagi organisasi atau perusahaan.

 

Selain itu organisasi yang efektif menyadari bahwa staf memiliki nilai yang lebih berharga dibanding aset lain, dari sisi langkah kompetitif yang berkelanjutan.

 

 

Konsep Human Resource Management

Apa itu Human Resource Management selanjutnya akan diperjelas pada konsepnya. Menurut konsep Human Resource Management,  manusia dipandang sebagai sumber daya yang suatu saat bisa habis jika digunakan secara terus menerus. Human Resources Management melakukan pengelompokan sesuai keahlian SDM, serta melakukan upaya untuk menambah kemampuan dan keahlian pada bagian tertentu perusahaan.

 

Untuk ke depannya, diharapkan perusahaan memiliki sumber daya yang berkualitas, dengan spesifikasi skill yang diinginkan oleh manajemen sehingga bisa memberikan keuntungan terhadap perusahaan.

 

Di dalam perusahaan, Human Resource Management memiliki peran untuk memastikan karyawan berada pada posisi pekerjaan yang tepat, serta membina karyawan agar kinerja mereka semakin baik dan memiliki performa yang maksimal.

 

Hal tersebut untuk mempercepat tujuan perusahaan tercapai, yakni perusahaan dapat meraih keuntungan. Human Resource akan melakukan bermacam implementasi ide, agar sumber daya manusia serta operasional perusahaan dapat berjalan lebih efektif. 

 

 

Tujuan Human Resource Management I

Apa tujuan Human Resource Management sebenarnya? Saat menyusun Human Resource Management, pastikan untuk melakukannya dengan seefektif mungkin agar tidak terlalu memakan biaya dan sumber daya lainnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memastikan orang yang tepat untuk menjabat posisi tertentu. Sehingga ketika nanti menjalani proses rekrutmen hingga pelatihan tambahan tidak ada biaya tambahan yang terbuang sia-sia.

 

Karyawan yang merupakan aset penting dalam perusahaan perlu dibekali dengan pelatihan serta pengembangan. Hal itu dalam Human Resource Management merupakan upaya untuk mempertahankan mereka agar tidak beralih ke perusahaan pesaing. Dengan memberikan pelatihan tentu akan membuat mereka semakin betah dan termotivasi.

 

Sebagaimana aset lain yang perlu untuk diupgrade, kita juga harus memastikan bahwa karyawan harus mendapatkan akses untuk belajar dan mengembangkan skill mereka. Hal tersebut untuk meningkatkan kapabilitas mereka. Sehingga harapannya kinerja mereka akan semakin meningkat dan lebih produktif lagi.

 

 

Tujuan Human Resource Management II

Tujuan lain Human Resource Management adalah karyawan mendapatkan kesempatan dari perusahaan untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. Perusahaan akan memberitahu tentang kinerja dan potensi mereka. Setelah itu Human Resource akan menyediakan waktu agar karyawan mendapatkan feedback dari kolega yang lain.

 

Kondisi tersebut akan memberikan pada mereka dua kesempatan, yakni menerima tantangan untuk mengemban posisi baru yang lebih tinggi, atau meningkatkan kinerja mereka pada posisi yang sama.

 

Perusahaan harus memastikan bahwa karyawan mendapatkan imbalan yang sesuai dengan standar pekerjaan mereka atau bahkan lebih baik. Pemberian gaji yang kompetitif akan membuat karyawan senang, kinerjanya lebih produktif, serta akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap perusahaan.

 

Human Resource sebaiknya senantiasa memonitor dan memastikan karyawan mereka mendapatkan gaji yang layak, sebab hal itu merupakan hal krusial di dalam perusahaan.

 

 

Langkah Melaksanakan Human Resource Management I

Divisi Human Resource harus membekali karyawan yang ada di dalamnya dengan kemampuan yang menunjang, agar mereka bisa berkembang menjadi seorang profesional. Dalam hal ini perusahaan wajib memastikan data karyawan adalah data yang tepat dan benar. Terutama menyangkut keahlian dan latar belakang pendidikan calon karyawan baru.

 

Karyawan baru hendaknya ditempatkan pada bidang yang sesuai dengan skill dan keahlian yang mereka miliki, dan tidak semata-mata ditempatkan pada posisi yang mereka lamar. Hal tersebut bertujuan agar mereka dapat menciptakan inovasi pada hasil kerjanya, karena mereka bekerja sesuai dengan keahliannya. Berikan tugas serta embankan beban kerja pada karyawan berdasar keahlian yang mereka miliki, dan jangan lupa untuk memberikan beban kerja sesuai dengan pengalaman mereka.

 

Setelah tugas dan posisi sudah dibagi dengan tepat, selanjutnya perlu melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan. Hal itu untuk melihat apakah pembagian kerja yang dilakukan sudah sesuai dengan standar operasional yang berlaku. Apabila pembagian kerja sudah sesuai ada baiknya terus meningkatkan keahlian karyawan dengan cara memberikan pelatihan yang tepat dan sesuai dengan apa yang mereka kerjakan.

 

 

Langkah Melaksanakan Human Resource Management II

Masih menjadi pembahasan seputar apa itu Human Resource Management. Program Human Resources Management memiliki peran yang cukup penting, yakni selalu memberikan dukungan dan menghargai apa yang menjadi kebutuhan karyawan.

 

Hal itu akan berpengaruh terhadap mood kerja karyawan sehingga akan meningkatkan produktivitas perusahaan. Selain itu hal yang mesti diberikan adalah apresiasi pada setiap tugas yang dikerjakan oleh mereka, serta fasilitas yang mereka butuhkan agar bisa bekerja secara maksimal.

 

Terakhir adalah evaluasi, kegiatan ini merupakan hal pokok yang wajib dikerjakan bahkan pada semua lini yang bersifat organisasi. Hal ini dilakukan sebagai upaya agar kinerja karyawan lebih efektif dan produktif. Dengan begitu kita bisa membuat pertimbangan untuk menentukan solusi atau alternatif apa yang akan dipilih untuk meningkatkan produktivitas karyawan sehingga target perusahaan bisa tercapai.

 

Upaya untuk mengupgrade kemampuan karyawan di masing-masing bidang tentu biasa dilakukan dengan mengikuti pelatihan atau kursus tertentu. GML performance merupakan lembaga pelatihan dan pendampingan suatu perusahaan yang telah diakui secara internasional. Untuk mendapatkan informasi lebih jelas seputar apa itu Human Resource Management silahkan mengakses laman 

gmlperformance.

 

GML Performance Consulting

More Article

Mengenal Full Stack Developer dan Skill yang Wajib Dimiliki

GML , February 03 2022

Di era society 5.0 saat ini, kamu harus jeli dalam melihat peluang kerja, sebab banyak profesi baru yang sedang naik daun dan banyak dicari perusahaan. Tak hanya pr...

Mengenal Full Stack Developer dan Skill yang Wajib Dimiliki
Definisi Quality Control, Pelajari Tugas, Manfaat dan Syarat Menjadi QC

GML , February 03 2022

Quality Control adalah proses pengecekan atau pengujian yang dilakukan demi memastikan atau mengukur kualitas dari produk sehingga sesuai dengan standar ketentuan p...

Definisi Quality Control, Pelajari Tugas, Manfaat dan Syarat Menjadi QC
Kesiapan Organisasi untuk Eksekusi Strategi

GML , February 03 2022

Saya teringat salah satu warung makan soto Surabaya langganan saya dulunya adalah sebuah warung Padang. Warung ini terkenal dengan masakan Padangnya yang enak dan m...

Kesiapan Organisasi untuk Eksekusi Strategi
Mengelola dan Memonitor Perusahaan Multi Bisnis

GML , February 03 2022

Sampai dengan tahun 50-an, sebagian besar perusahaan di Amerika masih berfokus pada single dominan bisnis. Namun saat ini semakin banyak organisasi mengelola multi ...

Mengelola dan Memonitor Perusahaan Multi Bisnis