CBHRM untuk Atasi Hambatan pada Performa Asesmen dan HR

Aurora , November 24 2021

CBHRM untuk Atasi Hambatan pada Performa Asesmen dan HR

Istilah Competency Based Human Resource Management (CBHRM) sudah tak asing lagi di telinga kita. Hampir semua spektrum HR dijalankan berdasarkan pada kompetensi setiap Sumber Daya Manusia (hyperlink : https://id.wikipedia.org/wiki/Sumber_daya_manusia ) (SDM) yang ada dalam organisasi. 

 

Penggunaan kompetensi dalam pengelolaan SDM merupakan standar dasar yang harus diterapkan setiap organisasi yang ingin bersaing secara kompetitif. Sayangnya, masih banyak organisasi yang menerapkannya hanya sebatas konsep, tanpa aksi nyata. Mengapa hal ini terjadi? Berikut adalah beberapa hal yang bisa menghambat implementasi CBHRM.

 

Pertama, CBHRM merupakan strategi HR di mana setiap spektrum HR (recruitment, people development, career planning, talent management, hingga performance appraisal) saling dihubungkan dan berpijak pada satu fondasi yang sama, yaitu kompetensi. Untuk itu harus ada sistem yang terintegrasi antar spektrum, yang pembuatannya butuh waktu lama. Banyak organisasi mengalami kesulitan untuk mengatasi silo tinggi dalam organisasi untuk mendorong integrasi.

 

Kedua, organisasi harus membangun satu set fondasi kompetensi yang lengkap, mulai dari kamus, profil, sampai metode pengukuran kompetensi. Tentunya untuk membangun fondasi tersebut membutuhkan keahlian khusus, dan kemampuan untuk memastikan fondasi yang disusun sudah menggambarkan isi dan strategi organisasi.

 

 

Mayoritas organisasi yang ingin mengimplementasikan CBHRM terhambat dalam kedua hambatan tersebut. Lalu bagaimanakah cara organisasi mulai menerapkan CBHRM? 

 

Pertama, pastikan strategi dan proses bisnis yang tertuang sudah selaras dengan struktur organisasi dan job description untuk setiap posisi di organisasi. Job description adalah panduan membuat daftar kemampuan dan perilaku tertentu yang harus dimiliki oleh SDM untuk melakukan pekerjaan dengan optimal. 

 

Daftar kemampuan dan perilaku inilah yang selanjutnya dituangkan dalam daftar kompetensi yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan, sebagai pembanding siapakah yang lebih unggul dalam pelaksanaan pekerjaan di antara SDM yang menduduki posisi tersebut. Di sinilah kunci hubungan antara kompetensi dengan strategi organisasi.

 

Kedua, pastikan bahwa organisasi menggunakan standar tersebut secara konsisten di semua proses HR. Karena standar kompetensi melekat pada kualifikasi kebutuhan setiap posisi, maka implementasi CBHRM merupakan sistem yang hidup, yang terus dikembangkan dan diperbaharui setiap saat melalui pengukuran level kompetensi karyawan di organisasi dibandingkan dengan standar kompetensi. Hasil dari pengukuran tersebut menjadi dasar implementasi HR, misalnya rekrutmen, promosi dan mutasi, serta manajemen talenta. 

 

Cara mengukur kompetensi setiap karyawan di organisasi bervariasi, mulai dari asesmen kompetensi melalui observasi perilaku atau keterampilan, sampai metode yang lebih komprehensif dan akurat yaitu assessment center. Assessment center merupakan metode pengukuran kompetensi karyawan yang paling komprehensif, karena menggunakan lebih dari satu alat, dan satu orang karyawan dinilai oleh lebih dari satu assessor. Hal ini mengacu kepada prinsip assessment center, yaitu multi tools dan multi rater. Dengan menggunakan assessment center, organisasi mendapatkan hasil pengukuran level kompetensi yang paling obyektif dibandingkan dengan metode lainnya.

 

Jika dua hambatan sebelumnya adalah hambatan saat memulai implementasi CBHRM, maka hambatan ketiga adalah hambatan saat implementasi. Sama halnya dengan pengelolaan SDM, implementasi CBHRM membutuhkan investasi yang tidak sedikit.  Namun yang perlu disadari adalah implementasi CBHRM mengurangi ketidakefisienan pengelolaan SDM, terutama dalam memastikan integrasi seluruh proses bisnis HR. Lalu hal yang terpenting adalah memastikan keselarasan antara strategi organisasi dan kompetensi SDM yang tersedia.

 

Implementasi CBHRM menimbulkan dilema “ayam dan telur”, mana yang lebih dulu ada. Tanpa implementasi CBHRM yang baik, integrasi proses di HR tidak akan berjalan baik dan kebutuhan organisasi tidak terpetakan dengan optimal.  Begitu juga sebaliknya.  Jadi apa kuncinya?  Mulailah dan implementasikan! Jangan lupa evaluasi jika ada yang perlu diperbaiki. Ingat, a journey of a thousand miles begins with one step (Lao Tzu).

 

Aurora Isabelle

Assessment Center Chief of Tribe 

GML Performance Consulting (hyperlink :http://gmlperformance.com)

Jika ada informasi yang ingin ditanyakan, silakan Chat WA Customer Service & Social Media kami:

  • - WhatsApp : 0813-8952-8410
  • - Instagram : @onegml
  • - LinkedIn : @onegml
  • - Facebook : @onegmlofficial
  • - TikTok : @onegmlofficial
  • - YouTube : @onegmlofficial

More Article

Membangun Habit Positif Itu Mudah !

Aurora , November 24 2021

Manakah yang lebih sering Anda alami? Gagal atau berhasil membangun kebiasaan? Untuk membangun kebiasaan, kita tidak dapat hanya sekedar memiliki keinginan dan renc...

Membangun Habit Positif Itu Mudah !
Standard Operating Procedure untuk Mengukur Kelayakan Bisnis

Aurora , November 24 2021

Adanya Standard Operating Procedure (SOP) dalam sebuah perusahaan sangat diperlukan oleh setiap karyawan, manajemen, hingga pimpinan untuk memahami tujuan yang hend...

Standard Operating Procedure untuk Mengukur Kelayakan Bisnis
Mengenali Mental Karyawan yang Kuat atau Lemah

Aurora , November 24 2021

Karyawan yang mempunyai mental kuat berpotensi memiliki performa kerja yang jauh lebih baik daripada karyawan yang mentalnya lemah. Bagaimana kita bisa mengenali SD...

Mengenali Mental Karyawan yang Kuat atau Lemah
Pelatihan Training Digital Marketing Course

Aurora , November 24 2021

Digital marketing adalah penggunaan berbagai platform online, seperti email, website, iklan online, media sosial, bahkan SEO dan SEM, untuk keperluan promosi, penju...

Pelatihan Training Digital Marketing Course