Performance Management System Adalah? Temukan Jawabannya di Sini

GML , January 11 2022

Performance Management System Adalah? Temukan Jawabannya di Sini

Membangun perusahaan tidaklah mudah karena membutuhkan berbagai komponen penting. Salah satunya adalah Performance Management. Pada dasarnya Performance Management System adalah trik untuk menjaga performa kerja karyawan.

 

Sudah banyak yang tahu bahwa karyawan merupakan aset terpenting dalam perusahaan. Tanpa adanya karyawan semua bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Hal inilah yang melandasi pentingnya karyawan dalam memberikan kinerja atau performa yang maksimal.

 

Namun bisa Anda pahami bahwa karyawan tetaplah manusia biasa, sehingga tidak memungkiri terjadinya performa yang naik dan turun. Nah, fungsi utama dari performance management untuk menjaga stabilitas karyawan dalam bekerja.

 

 

Performance Management System adalah?

Berbagai cara dilakukan oleh perusahaan agar timnya bisa berjalan sesuai dengan misi serta visi yang sudah ada. Tetapi untuk menempuh semua itu butuh tenaga dan strategi khusus. Pasalnya tidak mudah mengatur karyawan dalam jumlah banyak seorang diri.

 

Nah, performance management system sebagai komunikasi berkesinambungan juga dilakukan pada kemitraan antara atasan dan juga karyawan secara langsung. Hal tersebut sejalan dengan pendekatan strategis yang saling berpadu untuk meraih kesuksesan perusahaan. Cara yang bisa ditempuh adalah dengan memperbaiki kinerja karyawan dan melatih skill seluruh anggota tim.

 

Dengan kata lain performance management atau manajemen kinerja merupakan proses dengan sifat sistematis dalam perusahaan. Proses ini tentunya melibatkan karyawan demi mencapai misi serta tujuan perusahaan. Manajemen ini juga berkaitan erat dengan pencapaian perusahaan di masa depan.

 

 

Tujuan Performance Management System

Secara umum performance management system adalah sistem untuk menjaga stabilitas performa pegawai perusahaan. Lebih spesifiknya manajemen kinerja ini memiliki beberapa tujuan seperti:

 

- Memberikan feedback untuk seluruh karyawan agar tepat sasaran dan efisien dalam menjalankan pekerjaan sehari-hari.

- Sebagai acuan dalam menentukan kompensasi, kenaikan gaji, struktur upah, dan lain sebagainya.

- Mampu meningkatkan komunikasi dua arah antara pihak manajemen serta karyawan yang bersangkutan.

- Berperan dalam peningkatan kinerja karyawan melalui adanya pemberdayaan serta mekanisme pemberian penghargaan atau rewards.

 

 

Manfaat Mekanisme Kinerja Karyawan dalam Perusahaan

Performance Management System memiliki berbagai manfaat untuk perusahaan. Dalam hal ini mampu mengelola staf karena sangat berpengaruh dalam pekerjaan utamanya berbisnis. Berikut adalah beberapa manfaat penting yang bisa Anda dapatkan dari sistem manajemen kinerja.

 

 

Koordinasi

Biasanya sebuah perusahaan sudah memiliki kesepakatan berupa harapan serta tujuan untuk suatu departemen atau seluruh karyawan perusahaan. Hal ini mempermudah proses bekerja sebagai unit yang kohesif. Tetapi harus ada komunikasi terpadu agar seluruh anggota karyawan memahami maksud tersebut.

 

Dengan begitu harapan semuanya bisa tercapai dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Sehingga semua bisa tersusun dengan rapi tanpa mengesampingkan urusan yang penting. Tak heran jika memanfaatkan waktu dengan baik di kantor adalah sebuah keuntungan bagi perusahaan dan juga karyawan.

 

Artinya Performance Management System adalah cara berkontribusi penuh kepada perusahaan dengan menyumbangkan tenaga, waktu, dan pikiran untuk mencapai tujuan bersama. Dengan begitu tidak ada yang merasa dirugikan kedua belah pihak.

 

 

Efisiensi

Kemudian Anda akan mendapat manfaat berupa efisiensi. Pasalnya staf di bawah sistem manajemen kinerja sudah tahu persis mengenai harapan mereka. Sehingga memudahkan mereka untuk menghabiskan waktu dengan lebih bijak.

 

Dalam hal ini para pemberi kerja akan mudah memutuskan apa yang paling penting dan harus mereka lakukan pada waktu tertentu. Maksudnya mencari tahu prioritas mana yang harus didahulukan dengan manajemen terbaik.

 

Motivasi

Manfaat Performance Management System adalah mendapatkan motivasi untuk seluruh karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan. Ketika kerja keras tidak mendapatkan penghargaan yang sepadan tentu semangat akan turun. Agar kembali bangkit maka diperlukan motivasi untuk seluruh karyawan.

 

Mereka yang tadinya kurang bersemangat bisa mendapatkan kembali kerja keras dengan melihat tujuan yang ada, Semuanya akan termotivasi dengan baik dan meningkatkan kualitas perusahaan.

 

 

Produktivitas

Sudah pasti keberadaan manajemen kinerja yang maksimal akan membentuk karyawan produktif. Hal tersebut adalah aset besar bagi perusahaan. Biasanya akan ada reward khusus seperti kenaikan gaji atau sejenisnya.

 

Dengan begitu mampu mendorong karyawan lain untuk mengikuti jejak suksesnya partner kerja. Hal ini memberikan semangat produktivitas yang tinggi secara signifikan.

 

 

Elemen Rencana Performance Management

Adapun elemen dari Performance Management System adalah sebagai berikut:

 

 

Perencanaan

Merupakan usaha untuk merencanakan sistem komunikasi. Biasanya harus terjadi penetapan tujuan dan cara untuk mewujudkannya.

 

 

Bertindak

Harus bisa mengembangkan sebuah aplikasi yang memudahkan karyawan dalam pengimplementasian yang optimal. Hal ini sangat penting karena kerjasama antar karyawan menjadi trik pengembangan usaha.

 

 

Pemantauan

Setiap perusahaan harus memantau sistem yang digunakan oleh seluruh karyawan. Dengan begitu akan mudah menilai kinerja masing-masing karyawan dengan lebih baik.

 

 

Kelebihan Sistem Manajemen Kinerja

Performance Management System adalah sebuah software untuk membantu kinerja karyawan. Bahkan berguna untuk menentukan goals hingga melakukan performance appraisal dalam sistem terpadu. Adapun kelebihan yang Anda dapatkan adalah sebagai berikut:

 

 

Sangat Akurat

Sudah pasti sistem ini sangat akurat untuk melakukan penilaian terhadap berbagai hal. Biasanya digunakan dalam menilai kinerja karyawan, unit kerja, dan departemen kerja. Dalam hal ini termasuk proses perencanaan, pelaksanaan, hingga mendapatkan hasil akhir dari penilaian yang dilakukan.

 

 

Keamanan yang Sangat Tinggi

Menggunakan software terbaik maka Anda akan mendapat tingkat sistem keamanan yang tinggi. Tentunya berbekal sistem security app yang telah teruji. Bisa dipastikan setiap data yang masuk akan terlindungi keamanannya.

 

Tidak perlu khawatir data tersebut akan bocor ke orang lain. Data hanya bisa dilihat oleh orang-orang khusus yang bertanggung jawab atas perusahaan.

 

 

User Friendly

Performance management system adalah salah satu software yang mudah dipahami. Termasuk orang awam sekalipun bisa menggunakan software tersebut dengan maksimal. Setiap fungsinya tidak akan merepotkan tim IT perusahaan Anda.

 

 

Fitur Performance Software

Berbagai fitur menarik bisa Anda dapatkan dengan mudah untuk mendukung semua pekerjaan. Simak penjelasannya di bawah ini.

 

 

Performance Appraisal

Fitur pertama adalah performance appraisal yang berguna untuk melakukan kegiatan review setiap karyawan. Anda akan mudah melakukannya tanpa mengurangi keakuratan sistem.

 

 

Key Performance and Indicator

Fitur berikutnya adalah KPI yang termasuk metode untuk mengukur sejauh mana kinerja karyawan dalam memenuhi setiap tujuan. Keberadaan fitur tersebut memudahkan Anda mengukur skill masing-masing karyawan dengan lebih tepat, sehingga banyak dicari oleh banyak orang karena sangat bermanfaat.

 

 

Engagement

Terdapat fitur engagement yang merupakan proses survey dan pulse. Kegiatan tersebut mengukur sejauh mana engagement antara perusahan dan karyawan.

 

 

Feedback

Menggunakan software manajemen kinerja memungkinkan Anda menerima keterlibatan karyawan dalam penilaian balanced scorecard melalui fitur feedback. Dengan adanya fitur tersebut akan ada catatan khusus untuk beberapa karyawan mengenai kinerjanya selama ini.

 

Performance Management System adalah salah satu hal yang wajib Anda penuhi ketika bekerja di perusahan, karena perannya sangat besar untuk mengembangkan bisnis. Anda bisa mengunjungi 

GML untuk mempelajari atau mengetahui informasi lebih lanjut tentang sistem manajemen perusahaan.

 

GML Performance Consulting

More Article

Managing your Meeting

GML , January 11 2022

Dalam memo kepada karyawan, CEO Google Sundar Pichai mengatakan bahwa perusahaan mengambil kebijakan, tertulis "No Meetings Weeks". Iya, Google menerapkan aturan ta...

Managing your Meeting
Definisi Quality Control, Pelajari Tugas, Manfaat dan Syarat Menjadi QC

GML , January 11 2022

Quality Control adalah proses pengecekan atau pengujian yang dilakukan demi memastikan atau mengukur kualitas dari produk sehingga sesuai dengan standar ketentuan p...

Definisi Quality Control, Pelajari Tugas, Manfaat dan Syarat Menjadi QC
Layoff dan Pemecatan, Ada Bedanya?

GML , January 11 2022

Istilah layoff ramai diperbincangkan belakangan ini. Istilah layoff muncul setelah beberapa perusahaan startup melakukan pengurangan jumlah karyawannya....

Layoff dan Pemecatan, Ada Bedanya?
Sudahkah Anda Merencanakan Karier dengan Matang?

GML , January 11 2022

Career planning menjadi penting supaya kita bisa memahami, bagaimana memilih jalur karier sebagai profesional yang sesuai dengan kompetensi diri. ...

Sudahkah Anda Merencanakan Karier dengan Matang?