Menilik Pengertian dan Fungsi Talent Management Program

GML , January 14 2022

Menilik Pengertian dan Fungsi Talent Management Program

Talent management program merupakan pengelolaan bakat dan talenta dari masing-masing sumber daya manusia yang ada di perusahaan. Pimpinan perusahaan dan bagian manajemen SDM harus memperhatikan talent management agar dapat mendapatkan dan mempertahankan karyawan yang berbakat. 

 

Keberhasilan yang bisa dicapai karyawan dilakukan dengan menyelaraskan talent management dengan strategi perusahaan, dan memilih pemimpin yang memiliki kriteria yang sesuai.

 

Program ini mencakup semua aspek yang berperan dalam pengelolaan sumber daya manusia di lingkup perusahaan. Talent management juga bisa dimaknai sebagai inisiatif agar karyawan bisa lebih profesional dalam bekerja. 

 

Selain itu, program ini juga berguna untuk mengidentifikasi kompetensi khusus seperti pengetahuan, karakter, pendidikan, keterampilan, serta pengalaman yang nantinya akan dikembangkan lebih lanjut di perusahaan. 

 

 

Pengertian dan Fungsi Talent Management Program

Pada bagian Human Resource terdapat program pengelolaan talenta yaitu talent management. Program ini akan diterapkan pada perusahaan yang sudah memiliki banyak karyawan untuk dikelola. Untuk memahami seberapa penting program ini maka mari kita urai pengertian dan fungsinya.

 

 

Pengertian

Talent management program memiliki pengertian sebagai suatu proses meningkatkan profesionalitas sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan. Dengan adanya program ini maka perusahaan akan membuat implementasi strategi atau rancangan sistem guna meningkatkan produktivitas di tempat kerja. 

 

Upaya tersebut antara lain menerapkan cara agar perusahaan dapat menarik lebih banyak orang berbakat dan berkualitas untuk bergabung di perusahaan. Selain itu upaya lain yang bisa dilakukan adalah membuat karyawan yang sudah ada saat ini supaya mampu memaksimalkan potensi dan bakatnya, sehingga dapat memberikan kontribusi lebih besar kepada perusahaan. 

 

Setelah itu, upaya yang dilakukan adalah mempertahankan karyawan yang berpotensi dan berbakat agar mau bertahan maupun berjuang untuk perusahaan tersebut. Untuk bisa berkembang maka perusahaan harus meningkatkan kapabilitas karyawan tersebut sehingga bisa memberikan kontribusinya secara optimal.

 

 

Fungsi Talent Management Program

Peran talent management program adalah menyelaraskan antara rencana strategi perusahaan dan kebutuhan perusahaan secara keseluruhan. Supaya mampu mencapai tujuan yang selaras, perusahaan terlebih dahulu harus mengomunikasikan tujuan perusahaan dengan jelas kepada seluruh divisi. 

 

Ketika semua orang memiliki tujuan sama saat bekerja seharusnya perusahaan bisa menjalankan strategi bisnisnya dengan cepat dan teratur. Penyelarasan antara sistem management perusahaan dan karyawan akan menjelaskan peran masing-masing karyawan dalam bekerja serta memperlihatkan nilai berkelanjutan dari karyawan terhadap perusahaan. 

 

Perusahaan yang menguasai talent management program juga lebih mampu memanfaatkan peluang baru dengan lebih cepat, serta dapat bersaing dalam ekonomi global. Selain itu, talent management juga dibutuhkan untuk membuat struktur organisasi di mana akan terbentuk sinergi antar bagian. 

 

Kualitas performance management bisa dilihat dari kemampuan organisasi dalam mengelola talent yang dimiliki agar lincah terhadap berbagai perubahan yang terjadi. Tentu saja kemampuan ini harus memiliki kerangka pengetahuan yang benar, agar program implementasi yang dilakukan dapat sejalan dengan visi serta misi organisasi.

 

 

Implementasi Talent Management Tahap 1

Talent acquisition merupakan proses awal dalam menerapkan manajemen talenta. Proses ini merupakan penentu seberapa besar usaha dan seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan karyawan. Selain kemampuan, keterampilan karyawan yang baru direkrut perlu untuk ditingkatkan.

 

Pada proses kedua, perusahaan tidak lagi berfokus memberikan pengetahuan tentang visi, misi, serta peraturan di dalam perusahaan, tetapi juga akan berusaha mengintegrasikan karyawan baru pada lingkungan kerjanya. 

 

Harapannya karyawan baru dapat segera beradaptasi dengan lingkungan barunya sehingga bisa bekerja dengan baik secara maksimal, serta dapat diterima di lingkungan perusahaan. Karyawan yang mendapat apresiasi baik dari lingkungan dia bekerja akan mudah membangun relasi dengan rekan kerjanya sehingga kinerja mereka di perusahaan tersebut bisa meningkat.

 

 

Implementasi Talent Management Tahap 2

Ini adalah proses yang cukup krusial dalam penerapan talent management program di dalam perusahaan. Pada tahap implementasi ini, bakat yang dimiliki oleh sumber daya manusia atau para karyawan harus dipacu sehingga keterampilan serta kemampuan mereka dapat terasah dengan baik. 

 

Bakat yang telah terasah dengan baik akan mampu mengeksekusi strategi perusahaan dengan mudah. Perusahaan dapat mengembangkan bakat para karyawan dengan cara memberikan pelatihan, kursus keterampilan, serta kelas bersertifikat yang relevan dengan bidang yang biasa mereka kerjakan. 

 

Pilihan untuk memberikan pelatihan atau kursus kepada para karyawan sebenarnya jauh lebih mudah dilakukan juga tidak begitu berisiko bila kita bandingkan dengan merekrut karyawan baru. Penilaian terhadap karyawan lama juga bisa lebih akurat bila dibandingkan dengan penilaian terhadap karyawan baru yang hendak direkrut.

 

 

Implementasi Talent Management Tahap 3

Aset terbesar dari sebuah perusahaan adalah sumber daya manusia yang berpartisipasi serta bertahan dalam menjalankan pekerjaannya. Untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan, karyawan yang memiliki bakat tinggi akan sangat membantu kinerja suatu perusahaan. 

 

Hal yang akan didapat dari perusahaan yang memiliki karyawan berbakat adalah mereka yang berpotensi bagus akan membawa perusahaan menjadi semakin kuat sehingga bisa bertahan di dalam arus persaingan antar perusahaan yang semakin ketat.

 

Talent retention dianggap sebagai proses yang memiliki peran besar dalam penerapan manajemen bakat di dalam sebuah perusahaan. Proses ini merupakan upaya perusahaan untuk dapat memperhatikan tingkat kepuasan dalam berkarier, tingkat komitmen terhadap perusahaan, serta bakat para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. 

 

Dengan begitu, perusahaan dapat mengetahui apa saja yang memang perlu mereka lakukan untuk mempertahankan karyawan tersebut. Hal yang wajib diingat adalah semakin bagus talenta yang dimiliki oleh suatu perusahaan, semakin banyak juga para pesaing yang hendak merebutnya. 

 

Integrasi antar proses utama dalam talent management program inilah yang akan menjadi kunci dari implementasi manajemen talenta yang baik. Disamping itu, implementasi talent management tersebut pasti memerlukan komitmen yang sangat tinggi, supaya mampu menumbuhkan kualitas perusahaan.

 

 

Tujuan Talent Management Program

Poin pokok tujuan dari program ini adalah melakukan proses perekrutan karyawan baru dengan benar dan mengembangkan talenta para karyawan lama yang sudah ikut berkecimpung di dalam perusahaan. 

 

Selanjutnya adalah mempertahankan para karyawan agar tetap berada di perusahaan dan tidak beralih ke perusahaan pesaing. Selain itu program ini berguna untuk meningkatkan interaksi antara karyawan dan manajer sehingga bisa saling bersinergi untuk terus berkontribusi.

 

Terakhir, program ini berguna untuk menciptakan komunikasi dan kerjasama yang efektif antar tim. Kerjasama dalam tim pasti diperlukan untuk mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan. Mulai dari sini, kita bisa segera mengembangkan perusahaan agar berjalan lebih baik, serta meminimalisir kendala yang dapat mengganggu produktivitas.

 

Sebagai solusi pengembangan karyawan, bisa dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada mereka. GML Performance Consulting merupakan badan pelatihan yang akan membantu mendesain talent management program kepada karyawan baru atau lama. Untuk informasi lengkapnya silahkan buka laman gmlperformance.

 

GML Performance Consulting

 

More Article

Training Center dengan Corporate University, Samakah?

GML , January 14 2022

Salah satu perusahaan besar di Indonesia baru saja meresmikan  ‘Corporate University’, namun setelah sekian lama berjalan, manajemen perusahaan merasakan bahwa...

Training Center dengan Corporate University, 
Samakah?
Apa Identitas Perusahaanmu ?

GML , January 14 2022

Budaya adalah identitas utama dari sebuah perusahaan. Budaya memunculkan keunikan tersendiri yang membuat sebuah perusahaan berbeda dengan para pesaingnya. Keunikan...

Apa Identitas Perusahaanmu ?
Pengertian Talent Management, Temukan Jawabannya Sekarang

GML , January 14 2022

Talent management adalah salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah usaha. Perlu diketahui bahwa kesuksesan perusahaan dipengaruhi oleh Sumber Daya Manusia. Dengan...

Pengertian Talent Management, Temukan Jawabannya Sekarang