Mengenali Mental Karyawan yang Kuat atau Lemah

One GML , February 14 2023

Mengenali Mental Karyawan yang Kuat atau Lemah

Karyawan yang mempunyai mental kuat berpotensi memiliki performa kerja yang jauh lebih baik daripada karyawan yang mentalnya lemah. Bagaimana kita bisa mengenali SDM dengan mental yang kuat dan yang lemah?

 

Beberapa ciri karyawan yang mempunyai mental kuat adalah mampu berpikir positif, tidak iri ketika orang lain sukses dan bahagia, bisa mengalahkan rasa takut dan khawatir, serta cepat beradaptasi. 

 

Cara agar kuat mental menjadi penting di tengah banyak tantangan hidup. Apalagi bagi Anda yang baru saja melewati peristiwa traumatis, kehilangan pekerjaan akibat PHK, atau kondisi tidak mengenakkan lainnya. 

 

Sementara bagi Anda yang masih senang membandingkan diri, mudah tersinggung, selalu merasa gelisah, dan putus asa, waspadalah karena ini termasuk ciri-ciri orang dengan mental lemah. Lalu bagaimana cara agar kuat mental menghadapi berbagai tantangan dan kenyataan hidup? simak ulasan pentingnya berikut ini:

 

 

Ciri Mental Kuat 

Mengutip Robert Half, berikut ini 7 ciri seseorang memiliki mental kuat:

 

Percaya Diri

Ciri mental kuat yang pertama adalah percaya diri. Misalnya saja ketika Anda mendapat tantangan mengerjakan proyek penting di kantor, alih-alih menyatakan tidak sanggup, Anda akan menerimanya, membuat perencanaan yang matang, dan eksekusi terbaik. 

 

Optimistis

Ciri mental kuat lainnya adalah sikap optimistis dan ulet. Ketika menghadapi masalah, Anda akan berusaha terus sampai menemukan solusinya dan punya sikap optimistis. Misalnya saja saat harus bersaing dengan rekan kerja terkait promosi jabatan, Anda tetap bersikap optimis meskipun kompetisinya tidak mudah. 

 

Adaptif

Mental kuat juga nampak dari kemampuan Anda menerima pendapat atau ide orang lain, serta bisa beradaptasi dengan keadaan dan lingkungan. 

 

Bebas Drama

Di kantor atau dimanapun Anda berada, jadilah seseorang yang meredakan konflik dan bukan menciptakannya. 

 

Bisa Diandalkan

Seseorang dengan mental kuat biasanya memiliki ciri bisa diandalkan. Rekan-rekan kerja atau atasan Anda tidak ragu menyerahkan pekerjaan kepada Anda karena pasti dikerjakan dengan baik. Anda juga bisa bekerja dalam tim, namun tetap menunjukkan kinerja baik ketika bekerja sendirian. 

 

Mampu mengendalikan tindakan dan emosi

Ciri mental kuat lainnya adalah mampu mengendalikan tindakan sesuai tempat dan suasana, serta tidak mudah terpancing emosi. 

 

Bisa mengelola stres

Seseorang dengan mental kuat selalu siap untuk hal yang tidak terduga. Ia juga mampu mengelola stres dengan menjaga keseimbangan hidup, kapan harus bekerja dan kapan saatnya berhenti. 

 

 

Ciri Mental Lemah

Mengutip Medium, berikut ini sejumlah ciri seseorang memiliki mental lemah:

 

Terjebak di masa lalu

Seseorang dengan mental lemah biasanya memilih terjebak di masa lalu. Menyesali apa yang sudah terjadi, merasa tidak berharga, dan terus meratapi kesedihan. 

 

Hidup dalam penyesalan

Ciri mental lemah biasanya banyak membuang waktu untuk menyesali masa lalu ketimbang mengubah keadaan. Padahal semua orang pasti membuat kesalahan, gagal mencapai tujuan, dan sebagainya. Hidup dalam penyesalan tidak akan mengubah keadaan. 

 

Mudah terpengaruh

Mereka yang bermental lemah akan mudah terpengaruh dan sulit mengatakan tidak. Akibatnya ia akan dimanfaatkan orang lain. Misalnya saja, Anda diminta bekerja lembur untuk menyelesaikan pekerjaan yang jadi tanggung jawab orang lain. 

 

Takut gagal

Ciri mental lemah lainnya adalah tidak ingin mencoba hal-hal baru karena selalu merasa takut gagal. 

 

Selalu menyalahkan orang lain

Mereka yang bermental lemah juga selalu menyalahkan orang lain atau mencari kambing hitam atas masalah atau kesulitan yang mereka hadapi.

 

 

Cara Agar Mental Kuat

Mental kuat adalah kemampuan individu menghadapi stres, tekanan, dan tantangan serta memberikan kemampuan terbaik mereka untuk lepas dari tekanan tersebut. Anda tentu tidak ingin menjadi orang dengan mental lemah, apalagi di tengah banyak kesulitan dan tantangan baik di kantor maupun kehidupan pribadi. Untuk itu yuk cari tahu cara agar mental kuat supaya bertahan melalui berbagai tantangan:

 

Melatih pikiran

Pikiran juga perlu dilatih layaknya Anda melatih otot tubuh. Mulailah belajar untuk memandang segala sesuatu dari sisi positif, yakinlah bahwa setiap persoalan pasti ada jalan keluar, dan belajar untuk bersikap optimis ketika menghadapi tantangan yang nampak sulit. 

 

Tantang diri sendiri

Cara agar mental kuat berikutnya adalah menantang diri Anda sendiri bahwa Anda mampu mengerjakan atau melakukan sesuatu yang Anda rasa sulit. Jangan melulu bermain aman dan jangan meremehkan diri sendiri. 

 

Mengapresiasi diri sendiri

Agar mental kuat, beri apresiasi ketika Anda berhasil menyelesaikan tantangan pekerjaan, mendapat solusi atas sebuah persoalan, atau mengalahkan ketakutan dan kekhawatiran Anda.

 

Belajar bersyukur

Cara agar kuat mental berikutnya adalah belajar bersyukur. Rasa syukur bisa memberi Anda ketabahan menghadapi banyak tantangan. 

 

Fokus pada solusi bukan masalah

Selalu berusaha untuk menemukan solusi bukan fokus pada masalah. Caranya saat menghadapi tantangan, fokuskan 90% pada solusi dan 10% pada masalah. 

 

 

Tantangan pekerjaan dan masalah hidup akan selalu ada. Bagi Anda yang mudah menyerah dan memiliki mental lemah kini saatnya membuat perubahan. Cara agar mental kuat menjadi bekal penting di zaman yang tak lagi mudah. Simak juga cara Menjadi Pribadi yang Bermental Kuat di microlearning QuBisa.

 

QuBisa

Johana Novianti Hestriana

Jika ada informasi yang ingin ditanyakan, silakan Chat WA Customer Service & Social Media kami:

  • - WhatsApp : 0813-8952-8410
  • - Instagram : @onegml
  • - LinkedIn : @onegml
  • - Facebook : @onegmlofficial
  • - TikTok : @onegmlofficial
  • - YouTube : @onegmlofficial

More Article

HRIS Memberikan Jawaban Lengkap untuk Perusahaan

One GML , February 14 2023

Human Resource Information System atau HRIS menjadi salah satu bagian terpenting dalam perusahaan. Dalam hal ini HRIS adalah sistem yang digunakan untuk memuda...

HRIS Memberikan Jawaban Lengkap untuk Perusahaan
Belajar dari Jam Dinding dan Cermin

One GML , February 14 2023

...

Belajar dari Jam Dinding dan Cermin
Navigating The Art of E-Learning Course Design

One GML , February 14 2023

Peran digitalisasi saat ini tak terbantahkan, terutama dalam dunia pendidikan. Kemajuan teknologi yang begitu pesat meliputi segala aspek kehidupan, membuka pintu l...

Navigating The Art of E-Learning Course Design
Penerapan Hybrid Working ala BCA

One GML , February 14 2023

Era kerja hybrid sudah banyak diterapkan. Pandemi Covid-19 telah mendorong pelaku usaha untuk menata ulang sistem kerja mereka. Digitalisasi dalam berbagai pro...

Penerapan Hybrid Working ala BCA