Apa Maksudnya Kerja Sesuai Passion?

One GML , January 11 2023

Apa Maksudnya Kerja Sesuai Passion?

Tentu kita sering mendengar ungkapan, “Bekerjalah sesuai passion”. Dengan bekerja sesuai passion, Anda akan lebih bahagia dan lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab. 

 

Artinya ketika bekerja sesuai passion akan membuat Anda lebih bahagia, lebih bersemangat, lebih inovatif, dan punya impian untuk dituju. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa pada kenyataannya banyak di antara kita yang bekerja tidak sesuai dengan passion-nya. 

 

Banyak dari kita yang bekerja sekadar demi mendapat penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidup. Ada pula yang menjalani profesi tertentu karena tuntutan orang tua atau orang lain, serta banyak alasan lainnya. 

 

Pertanyaannya, apakah salah jika bekerja tidak sesuai passion? Atau, jangan-jangan, pekerjaan yang Anda jalani sekarang merupakan passion yang tertunda alias sebenarnya Anda butuh waktu untuk menikmati pekerjaan tersebut. 

 

Artinya, bisa jadi bekerja sesuai passion bukan ibarat cinta pandangan pertama, melainkan cinta yang tumbuh karena kebiasaan dan terus dipupuk. Untuk menjawab kegalauan Anda, ulasan berikut ini rasanya cukup bermanfaat.

 

 

Apa Maksudnya Bekerja Sesuai Passion?

Kerja sesuai passion adalah adanya gairah, antusiasme, dan kegembiraan ketika Anda melakukan pekerjaan. Bekerja sesuai passion akan membuat Anda tetap bersemangat menyambut hari Senin serta menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan sungguh-sungguh. Anda juga terpacu untuk terus berpikir kreatif dan inovatif untuk menyelesaikan pekerjaan. Meski begitu, kerja sesuai passion bukan berarti Anda bekerja tanpa kenal waktu dan istirahat. 

 

Sementara itu melansir LinkedIn, bekerja sesuai passion akan membuat Anda termotivasi dalam karier, seraya sekaligus membawa energi baik untuk pekerjaan Anda maupun orang di sekitar Anda. Kerja sesuai passion juga terbukti membuat Anda jauh lebih produktif dan lebih bahagia. Bekerja dengan passion bisa mendorong Anda memberi kontribusi lebih. Dengan begitu bukan hanya perusahaan yang bertumbuh, namun Anda juga berkembang secara individu. 

 

Lalu, salahkah kalau Anda bekerja tidak sesuai passion? Tentu saja tidak. Konsep bekerja sesuai passion sebenarnya hal yang relatif baru. Mengutip npr.org, orientasi orang bekerja pada setiap masa itu berbeda-beda. Misalnya, pada tahun 1940-1950-an, kebanyakan orang berkarier untuk mendapat stabilitas dan menghidupi keluarga. Kemudian tahun 1970, 1980, dan 1990-an orang bekerja untuk ekspresi dan aktualisasi diri. 

 

Konsep bekerja sesuai passion muncul di era tahun 2000-an. Salah satunya ketika pendiri Apple, mendiang Steve Jobs, dalam pidatonya di Universitas Stanford, Amerika Serikat, menekankan pentingnya passion dalam bekerja. Ia mengatakan, "Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan hebat adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan. Jika kamu belum menemukannya, teruslah mencari. Jangan puas." Kalimat bijak berkata, mencintai pekerjaan itu menyelesaikan 50% tantangan. 

 

Sejak kapan Anda perlu melatih passion? Sebaiknya sejak Anda duduk di bangku kuliah. Caranya bagaimana? Simak penjelasannya di microlearning QuBisa berjudul Kenali Passion Diri dan Asah Kompetensi Sejak di Dunia Kampus.

 

 

Ciri Bekerja Sesuai Passion

Anda mungkin sudah menyukai dan menikmati pekerjaan yang Anda jalankan sekarang. Namun, apakah Anda benar-benar sudah bekerja sesuai passion? Berikut ini ciri bekerja sesuai passion yang perlu Anda ketahui melansir Weforum:

 

 

Terobsesi

Tentu saja dalam konotasi positif. Mereka yang memiliki passion kerja akan bersemangat dan tidak merasa terbebani atau tertekan karena pekerjaan. 

 

Tidak membuang waktu

Mereka yang bekerja sesuai passion tidak akan membuang waktunya di kantor untuk bermain game daring, terlalu lama mengakses media sosial, atau berlama-lama makan siang. 

 

Optimistis

Apa itu passion kerja tampak dari kinerja mereka yang fokus dan optimistis dalam menjalankan tugasnya. Meskipun ada kesulitan dan tantangan, orang yang kerja sesuai passion akan kreatif mencari jalan keluar dan solusinya. 

 

Bangun pagi

Orang yang bersemangat kerja akan bangun pagi, supaya tidak terburu waktu untuk tiba di tempat kerja. Mereka juga bisa mengelola waktunya dengan baik.

 

Menikmati proses

Dalam hal apapun, termasuk menjalani pekerjaan, selalu berorientasilah pada proses, dan bukan pada hasil semata. Mereka yang bekerja dengan passion akan menikmati setiap proses naik turun dalam karier dan pekerjaannya. 

 

Yang jelas, kerja sesuai passion bukan satu-satunya tujuan dalam karier. Apapun yang Anda kerjakan dan profesi Anda saat ini, lakukan dengan sepenuh hati dan nikmati berbagai tantangannya. Bekerja sesuai passion bukan semata menjalani profesi impian Anda, melainkan juga menikmati apapun pekerjaan Anda.

 

Johana Novianti Hestriana 

QuBisa

Jika ada informasi yang ingin ditanyakan, silakan Chat WA Customer Service & Social Media kami:

  • - WhatsApp : 0813-8952-8410
  • - Instagram : @onegml
  • - LinkedIn : @onegml
  • - Facebook : @onegmlofficial
  • - TikTok : @onegmlofficial
  • - YouTube : @onegmlofficial

More Article

Digitalisasi atau Gulung Tikar

One GML , January 11 2023

...

Digitalisasi atau Gulung Tikar
Karyawan yang Puas Pasti Karyawan yang Proaktif

One GML , January 11 2023

Kemampuan daya saing perusahaan dalam menghadapi dan memanfaatkan perubahan merupakan faktor yang signifikan agar perusahaan dapat bertahan dan berkembang, serta se...

Karyawan yang Puas Pasti Karyawan yang Proaktif
Pentingkah Kompetensi HR bagi Seorang Manajer?

One GML , January 11 2023

Kondisi bisnis mengalami era “Turbulensi” di mana banyak sekali perubahan yang tidak dapat diprediksi. Organisasi harus cepat beradaptasi dengan situasi tersebut, j...

Pentingkah Kompetensi HR bagi Seorang Manajer?