Inilah Pengertian Human Resources Business Partner

GML , January 12 2022

Inilah Pengertian Human Resources Business Partner

Human Resources Business Partner bisa memajukan HR perusahaan. HR umumnya hanya fokus dan sibuk mengurus administrasi serta permasalahan internal. HR yang hanya fokus pada SDM, kali ini bisa ikut ambil bagian dalam skema bisnis. Apakah HRBP itu sebenarnya? Simak artikel ini hingga tuntas untuk mengetahui info lebih lanjut.

 

 

Apa Itu Human Resources Business Partner?

Human resources business partner merupakan bagian human resource yang berfokus pada perkembangan SDM perusahaan bersama pemimpin dalam menyelaraskan pikiran seluruh karyawan. Hal ini berguna untuk mencapai tujuan yang sudah disepakati bersama.

 

Peran penting HRBP ini ada di tangan konsultan, sebab konsultan lah sebagai tempat konsultasi jika mempunyai permasalahan internal. Dengan adanya HRBP perusahaan diharapkan mampu meningkatkan profitabilitas dan  Performance Management tanpa ada rasa kurang nyaman yang berasal dari karyawan. Selain itu HRBP juga diharap bisa menciptakan lingkungan kerja yang menguntungkan dan kondusif untuk pihak perusahaan maupun karyawan. 

 

Seorang profesional HRBP dituntut mempunyai beragam kompetensi, serta pemahaman yang baik tentang peraturan prosedur kebijakan sistem dan proses terkait manajemen SDM yang diperlukan. Selain itu HRBP juga wajib punya pemahaman soal strategi operasional unit kerja, bahkan aspek bisnis, penyusunan program, dan anggaran.

 

 

Perbedaan HRBP dan Manager HR

HR fokus pada pengembangan prosedur yang bersifat internal pada perusahaan yaitu karyawan. Manager HR mempunyai peran penting dalam proses administrasi karyawan seperti sistem penggajian, absensi, dan hal lain yang bersifat memajukan kinerja.

 

Sedangkan HRBP mempunyai tugas lebih dari HR. HRBP akan mengurus kegiatan administrasi seperti manager, dan ikut ke departemen yang tersedia pada perusahaan untuk menilai kinerja karyawan secara personal.

 

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan bisnis perusahaan serta mencapai tujuan dan visi yang sudah disepakati. Perbedaannya memang terlihat tipis, tetapi manager HR dan HRBP mempunyai peran sendiri yang saling melengkapi.

 

 

Kriteria Human Resources Business Partner

Hubungan dan komunikasi antara HRBP dengan perusahaan perlu dibangun dengan solid dan luas. Hubungan strategis yang bisa menerima dan memberi perlu dibangun, di mana kedua belah pihak mempunyai sesuatu yang ditawarkan dan saling menguntungkan. 

 

Hubungan yang saling menguntungkan ini akan berkontribusi pada dekatnya jalinan antara perusahaan dengan departemen. Ini berguna untuk mengisi gap atau jeda antar departemen, supaya bisa bersatu untuk mencapai tujuan perusahaan.

 

 

Ketajaman Bisnis

Melibatkan berbagai hal termasuk pemahaman yang kuat tentang prioritas dan fungsi bisnis, berpusat pada penanganan dan pemahaman risiko, atau peluang suatu bisnis. Profesional HRBP yang handal bisa mengetahui keunggulan bisnis yang ditangani daripada pihak lain.

 

 

HR Understanding

Seorang HRBP harus mempunyai pemahaman yang mendalam tentang aktivitas dari HR. Hal ini adalah syarat dasar yang wajib dimiliki seorang HRBP. Mereka harus bisa memberikan saran kepada bisnis dan mengimplementasikan rencana. HRBP dituntut harus bisa menghubungkan tantangan bisnis dengan aktivitas dan hasil SDM.

 

 

Stakeholder Management

Fungsi HRBP harus bisa mempromosikan inisiatif HR ke manajemen atau bagian stakeholder perusahaan. Human Resources Business Partner harus mempunyai hubungan dan reputasi manajemen stakeholder yang bagus. Ini merupakan proses dalam menjaga hubungan yang baik sesama perusahaan.

 

 

Kepemimpinan yang Strategis

HRBP harus mempunyai pandangan luas tentang perusahaan dan bagaimana cara mencapainya. Seorang HRBP perlu menyusun strategi penilaian bakat dengan benar.

 

 

Analytical Skills

Sebagai seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat dan menganalisa rencana supaya tujuan bisa tercapai, sangat wajar jika seorang HRBP wajib menguasai dashboard serta memberi wawasan dan konklusi data.

 

 

Tugas HRBP

Tanggung jawab dari human resource business partner berbeda-berbeda tergantung kebijakan perusahaan masing-masing. Tapi pada umumnya HRBP tanggung jawab lebih cenderung untuk menjadi mentor khusus tim dan leader, daripada hanya sebagai pengawas secara eksklusif pihak tertentu.

 

 

Berikut ini tugas HRBP:

  • Melakukan pertemuan mingguan dengan setiap unit.
  • Menganalisis matrik dengan departemen HRD untuk mengembangkan program, kebijakan dan solusi.
  • Meningkatkan pengetahuan sosial informasi hukum yang berkaitan dengan manajemen karyawan.
  • Mengembangkan persyaratan kontrak untuk karyawan baru, transfer departemen atau karyawan yang promosi.
  • Menyampaikan arahan serta masukan pada restrukturisasi unit usaha serta perencanaan energi kerja.
  • Berpartisipasi dalam evaluasi program pelatihan dan memastikan kesuksesan.
  • Berkonsultasi dengan manajemen untuk memberi panduan HR.
  • Menyelesaikan masalah kompleks yang bersangkutan dengan karyawan.
  • Memberi panduan saat terdapat kebijakan yang berhubungan dengan HR.
  • Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan untuk unit bisnis serta pembinaan untuk karyawan.

 

 

Fungsi HRBP 

Membantu mencapai tujuan manajemen merupakan misi yang harus dijalankan untuk seluruh perusahaan. Perusahaan harus dikelola dengan baik melalui peran serta setiap orang yang menjalankan tugas masing-masing untuk mencapai tujuan.

 

Dalam organisasi, Human Resources Business Partner berlaku sebagai mitra usaha dan berpartisipasi dalam perencanaan strategi untuk memenuhi tujuan bisnis. 

 

 

Berikut rincian tugas dari HRBP dalam sebuah perusahaan:

  • Melakukan koordinasi dengan setiap unit bisnis dengan melakukan weekly meeting.
  • Kelola permasalahan relationship karyawan yang kompleks dengan investigasi secara efektif, objektif, dan menyeluruh.
  • Memberi panduan manajemen kinerja manajemen lini.
  • Sebagai mitra dalam bisnis yang mempunyai pengetahuan legal untuk melindungi pihak terkait.

 

 

Peranan Lain HRBP dalam Perusahaan

Fungsi primer seorang human resources partner bisnis artinya menggunakan kapabilitas untuk mencapai tujuan vendor. Peranan yang sangat beragam tergantung dengan tujuan yang akan dicapai.

 

Seorang pada posisi HRBP mempunyai tanggung jawab membantu manajer bisnis dalam menyelaraskan aktivitas dan taktik secara terorganisir. 

 

 

Berikut ini beberapa peranan HRBP dalam perusahaan:

 

Administrative Expert

HRBP mempunyai peran dalam pengelolaan SDM pada bagian administrasi serta pelatihan karyawan.

 

 

Employee Champion

HRBP mempunyai peran membantu permasalahan karyawan dalam workflow yang nyaman dan sehat, serta membangun karyawan yang unggul.

 

 

Change Agent

HRBP membantu dalam transformasi pegawai untuk beradaptasi dengan perubahan perusahaan guna mencapai visinya.

 

 

Business Partner

HRBP berperan dalam pembentukan strategi supaya bisnis bisa berjalan sesuai dengan sasaran.

 

 

Inklusi

Berjuang untuk karyawan, tidak peduli dengan perbedaan yang ada.

 

 

Manajemen Culture

Mengendalikan budaya atau kultur yang ada pada perusahaan serta memastikan bahwa semuanya berjalan sesuai dengan keinginan perusahaan.

 

 

Organization Engineering

Memahami cara organisasi bekerja, serta cara terbaik untuk mencapai suatu kesuksesan.

 

 

Manajemen Perubahan

Mempercepat perubahan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang diinginkan perusahaan.

 

 

Marketing

Mampu manfaatkan karyawan sebagai brand ambassador lalu dapat menjadi sumber rekrutmen yang mumpuni.

 

 

Seorang HRBP punya banyak tanggung jawab dan tugas yang harus dilakukan, namun jika berhasil menjalankan peran seorang Human Resources Business Partner, para pemimpin akan berhutang budi pada Anda. Info lebih lanjut, pantau terus GML.

 

GML Performance Consulting

More Article

Managing your Meeting

GML , January 12 2022

Dalam memo kepada karyawan, CEO Google Sundar Pichai mengatakan bahwa perusahaan mengambil kebijakan, tertulis "No Meetings Weeks". Iya, Google menerapkan aturan ta...

Managing your Meeting
Inilah Pengertian Human Resources Business Partner

GML , January 12 2022

Human Resources Business Partner bisa memajukan HR perusahaan. HR umumnya hanya fokus dan sibuk mengurus administrasi serta permasalahan internal. HR yang hanya fok...

Inilah Pengertian Human Resources Business Partner
Tren Hybrid - Mengapa Elon Musk Pilih WFO ?

GML , January 12 2022

Model Hybrid Working membuat karyawan tidak harus berangkat ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaannya. ...

Tren Hybrid - Mengapa Elon Musk Pilih WFO ?
Model 70-20-10 dan Informal Learning

GML , January 12 2022

Coba jawab dulu pertanyaan ini sebelum melanjutkan membaca: “Siapa orang yang darinya Anda paling banyak belajar?”...

Model 70-20-10 dan Informal Learning